Pengertian Komputer dan Definisinya menurut para pakar

Pengertian dan Definisi Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Pakar

Pengertian Komputer secara bahasa adalah : Komputer berasal dari bahasa latin computare yang bermakna 'menghitung', adapun pendapat salah satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer berasal dari bahasa Inggris compute. Walaupun begitu, kedua kata tersebut meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni “menghitung”. [caption id="attachment_117", align="alignleft" width="150" caption="pengertian komputer"]  [/caption].

Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya para pakar dan peneliti mempunyai pendapat sedikit beda dalam menjelaskan definisi komputer. Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika diperluas lagi menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut; 

Pengertian Komputer Pakar 1

Komputer adalah sebuah alat atau mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang yang ada di dalam memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer tersebut merupakan pendapat Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)

Pengertian Komputer Menurut Pakar 2

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa jenis pekerjaan sebagai seperti :
  • menerima input data
  • memproses input data tadi sesuai dengan programnya
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan data
  • menyediakan output dalam bentuk informasi
Definisi komputer diatas merupakan pendapat Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)

Pengertian Komputer Menurut Pakar 3

Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan proses hitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer tersebut diatas dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)

Pengertian Komputer Menurut Pakar 4

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan dikelompokkan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan mengeluarkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Definisi tersebut menurut Sanders tahun 1985.

Pengertian Komputer Menurut Pakar 5

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang bekerja secara cepat dapat proses perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, dengan tidak adanya campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan. Definisi komputer tersebut terdapat dalam buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri),


Pengertian Komputer Pakar 6

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang memiliki sifat tertentu dan pasti, defnisi ini menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis) tersebut. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, kita akan menjumpai banyak lagi para ahli yang mencoba mendefinisikan komputer dalam skala yang berbeda. Namun, secara umum dapat dimbil sebuah kesimpulan yaitu komputer merupakan sebuah perangkat atau alat elektronik yang bisa  :
  1. Menerima input
  2. Mengolah input
  3. Memberikan informasi
  4. Adanya program yang tersimpan di memori komputer
  5. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  6. Serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut ada tiga hal penting bagi sebuah komputer. Tiga hal penting ini mewakili keseluruhan fungsi komputer, yaitu;
  1. Input data
  2. Pengolahan data
  3. Output data.
Untuk memasukkan data pada sebuah komputer, bisa dilakukan dengan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, scanner, kamera digital, dan lain-lain. Pada fungi pengolahan data, sebuah komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat dan lebih berguna. Informasi tersebut merupakan hasil dari suatu kegiatan proses pengolahan data, sehingga informasinya lebih bermakna. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Dalam proses pengolahan ini sangat berpengaruh pada seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dipunyai oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data dalam sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer


http://www.merakom.xyz/2015/11/hardware.html
Pengertian Komputer dan Definisinya menurut para pakar
http://www.merakom.xyz/2016/03/pengertian-memory-yang-terdapat-dalam.html
Copyright © Komputer Grafis . All rights reserved.