Sound Card, Fungsi Sound Card, Kegunaan Sound Card

Pengertian dan Fungsi Sound Card - Perangkat Keras yang satu ini tidak kalah pentingnya dalam komputer. Mengapa demikian? karena ketika Anda hendak mendengarkan musik Perangkat Keras yang Anda butuhkan adalah sound card dan speaker. Coba Anda bayangkan, bagaimana kalau punya handphone tapi tidak mempunyai pulsa? sama halnya seperti Anda menyalakan musik/lagu di komputer namun komputer tersebut tidak memiliki sound card.



Di bawah ini, Saya akan mencoba menjelaskan mengenai Pengertian dan Fungsi Sound Card. Sebelum Anda membaca artikel di bawah ini, alangkah baiknya Anda membaca terlebih dahulu tentang Definisi Perangkat Keras Komputer.

pengertian dan fungsi sound card
Sound Card

PENGERTIAN SOUND CARD

Sound Card adalah perangkat keras komputer pengolah data berupa audio atau suara. Secara definisi sound card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya, yaitu sound card onboard dan sound card external. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal.

FUNGSI SOUND CARD

Sound Card berfungsi untuk mengeluarkan suara dari proses komputer. Perkembangan daripada sound card sendiri telah merambah di dunia ini. Contoh merk sound card yaitu Creative dan Rocketfish. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3 bagian :
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Demikianlah sedikit artikel tentang Pengertian dan Fungsi Sound Card, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.
Mengenal Komponen dan Struktur Internal CPU
http://www.merakom.xyz/2015/11/power-suplay-psu.html
Copyright © Komputer Grafis . All rights reserved.