Mengenal Komponen dan Struktur Internal CPU

Mengenal Komponen dan Struktur Internal CPU

CPU  adalah salah satu komponen terpenting  dalam sebuah  sistem  komputer.  Kalau tidak ada  CPU maka komputer tidak akan berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Peranan  CPU tersebut adalah untuk menggerakan program – program yang tersimpan didalam memori utama dengan cara  menarik  instruksi  – instruksi dan mengujinya selanjutnya  mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Dalam memahami fungsi CPU dan proses interaksinya dengan komponen lain, perlu ditinjau lebih jauh proses kerja eksekusi program. Cara yang paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil  pengolahan instruksi  yang  terdiri  dari 2  langkah, yaitu :  operasi pembacaan instruksi  (fetch)  serta  operasi  pelaksanaan instruksi  (execute) Siklus  instruksi  yang terbagi menjadi siklus fetch, untuk siklus eksekusi diperlihatkan pada gambar siklus intruksi dasar berikut. 
Siklus Instruksi
Selain itu CPU juga memiliki Struktur atau komponen-komponen untuk dapat berfungsi dan melalkukan tugasnya. Berikut ini merupakan susunan Struktur CPU atau komponen -komponen CPU.

Gambaran dari Internal Sebuah CPU

Gambaran Internal CPU
Arithmetic  and Logic  Unit  (ALU), tugasnya  membentuk  fungsi  – fungsi  pengolahan data komputer. ALU  sering  disebut   dalam bahasa   mesinnya (machine  language)  karena  bagian ini mengerjakan instruksi  – instruksi  bahasa  mesin yang  diberikan padanya. Misalnya  istilahnya, ALU  terdiri  dari  dua  bagian, yaitu unit  arithmetika  dan unit  logika  boolean, yang masing–masing mempunyai spesifikasi serta tugas tersendiri
Control Unit, mempunyai tugas untuk mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer (controling) sehingga  terjadi  sinkronisasi  kerja  antar  komponen dalam  menjalankan fungsi  pengoperasiannya. Termasuk  dalam  tanggung  jawab unit  kontrol  adalah mengambil  instruksi  – instruksi dari memori utama serta menentukan jenis instruksi tersebut.
Register adalah media penyimpanan internal CPU yang digunakan pada waktu processing pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk diolah selanjutnya.
CPU interconnection, merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, penghubung ini adalah ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem-sistem lainnya, seperti memori utama piranti keluar dan masuk.

Gambar berikut menunjukkan Struktur Detail Internal CPU
Struktur Detail Internal CPU

Demikian ulasan mengenai CPU, semoga ada manfaatnya

http://www.merakom.xyz/2015/11/motherboard.html
Mengenal Komponen dan Struktur Internal CPU
http://www.merakom.xyz/2015/11/hardware.html
Copyright © Komputer Grafis . All rights reserved.